4 Jenis Kuntilanak dan Cara Mengusirnya Menurut Ahli Ilmu Hikmah

Menurut ahli ilmu hikmah, Kuntilanak adalah salah satu hantu terpopuler di Indonesia, dan banyak kisahnya yang diadaptasi menjadi film layar lebar. Banyak orang juga percaya bahwa Kuntilanak lebih dari sekedar legenda. Pasalnya, cerita pertemuan dengan hantu wanita ini sering diceritakan.

Menariknya, Kuntilanak tidak hanya berpakaian putih. Ada pula Kuntilanak dengan warna lain, ada pula yang menyerupai jantan. Menurut berbagai sumber, ada beberapa jenis Kuntilanak dengan kekuatan berbeda-beda.
Jenis Kuntilanak menurut levelnya.

Sumber : Freepik.com

Kuntilanak Putih

Menurut ahli ilmu hikmah, Kuntilanak Putih mempunyai ciri khas dengan pakaiannya yang berwarna putih tergerai dan rambutnya yang sangat panjang. Konon panjang rambut Kuntilanak ditentukan oleh berapa lama sejak kematiannya.

Semakin banyak waktu berlalu sejak dia meninggal, semakin panjang rambutnya tumbuh. Jika dibandingkan dengan Kuntilanak jenis lain, kekuatan kuntilanak jenis ini yang paling lemah. Mereka biasanya muncul di rumah-rumah terbengkalai, taman, hutan, dll. Meski terlihat menakutkan, namun kuntilanak ini tidak terlalu mengganggu atau mengancam.

Kuntilanak Merah

Menurut ahli ilmu hikmah, Kuntilanak Merah mengenakan pakaian berwarna merah yang menjuntai ke tanah dan berambut panjang. Kuntilanak berwarna merah diyakini mempunyai aura yang lebih besar dibandingkan Kuntilanak berwarna putih.

Mereka konon mempunyai urusan yang belum terselesaikan di dunia ini, termasuk dendam yang belum terbalaskan. Hantu ini dikenal lebih agresif dan suka tampil. Tanda-tanda Kuntilanak berwarna merah biasanya berupa bau amis darah dan tawa yang keras.

Kuntilanak Hitam

Selain Kuntilanak Merah dan Putih, ternyata ada jug Kuntilanak Hitam. Konon Kuntilanak Hitam bekerja sama dengan dukun. Menurut ahli ilmu hikmah Kuntilanak ini sangat agresif karena diperintahkan oleh dukun ilmu hitam.
Kehadiran Kuntilanak ini menguras energi seseorang dan orang yang bertemu dengannya bisa merasa lemas.

Kuntilanak Biru

Menurut ahli ilmu hikmah, Kuntilanak biru merupakan jenis kuntilanak yang paling berisiko dan berbahaya. Tanda-tanda Kuntilanak biru antara lain bau yang sangat menyengat dan aura yang tiba-tiba menjadi sangat negatif. Konon kehadiran Kuntilanak bisa melemahkan manusia hingga kehilangan kesadaran.

Cara Mengusir Kuntilanak Menurut Ahli Ilmu Hikmah

Sebaliknya menurut kepercayaan Islam dan ahli ilmu hikmah, cara mengusir kuntilanak atau jin juga melalui pembacaan doa.

    Dalam Islam, ada doa yang digunakan untuk mengusir jin. Di bawah ini beberapa doa yang dilakukan untuk mengusir jin dan kuntilanak.

    Doa ajaran malaikat Jibril

    A‘udzu bi wajhillahil karimi wa bi kalimatillahit tammatillati la yujawizuhunna barrun wa la fajirun min syarri ma yanzzilu minassama’i, wa min syarri ma ya‘ruju fiha, wa min syarri ma dzara’a fil ardhi, wa min syarri ma yakhruju minha, wa min fitanillaili wannahari, wa min thawariqillaili wannahari, illa thariqan yathruqu bi khairin, ya rahman.

    Artinya : Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Esa dan firman-Nya yang sempurna, yang tidak dapat dikalahkan oleh orang yang bertakwa maupun orang yang berdosa, dari keburukan yang turun dari langit dan keburukan yang muncul dari langit. ; dan dari kejahatan yang masuk ke bumi, dan kejahatan yang keluar dari bumi. Dari ejakulasi pada malam hari dan siang hari. Dari musibah yang terjadi di siang dan malam hari, kecuali yang membawa kebaikan, ya Tuhan Yang Maha Penyayang.

    Menggunakan Ayat Kursi

    Allahu la ilaha illa huw, al-ayyul-qayym, la takhuzuhu sinatuw wa la naum, lahu ma fis-samawati wa ma fil-ard, man zallazi yasyfa’u ‘indahu illa biiznih, ya'lamu ma baina aidihim wa ma khalfahum, wa la yuhituna bisyaiim min ‘ilmihi illa bima sya, wasi'a kursiyyuhus-samawati wal-ard, wa la yauduhu hifzuhuma, wa huwal-‘aliyyul-‘azim

    Artinya: Artinya: Tuhan, tidak ada Tuhan yang lain. Maha Suci Allah yang tidak pernah terlelap atau terlelap, namun selalu menjaga makhluknya. Segala yang ada di langit dan di bumi adalah milik Tuhan. Tidak ada seorang pun yang bisa menjadi perantara dengannya tanpa izinnya. Allah mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, tetapi mereka tidak mengetahui ilmu tentang Allah kecuali kehendak-Nya. Singgasananya meliputi seluruh langit dan bumi. Karena Tuhan Maha Tinggi dan Maha Besar, Dia tidak mengalami kesulitan dalam mengurus mereka.

    Selain doa-doa tersebut, umat Islam juga dapat membaca Surat an-Nas, al-Falaq dan Kalat al-Tawud untuk mencari perlindungan. Kami memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar senantiasa melindungi kami dari segala macam gangguan jin dan makhluk halus, amin.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *