4 Tempat Tinggal Jin Berdasarkan Hadits Menurut Ahli Ilmu Hikmah

Menurut penuturan beberapa ahli ilmu hikmah Jin, seperti halnya manusia, adalah makhluk yang diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Jin tergolong makhluk gaib dan tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Surat al-Rahman ayat 15 menyebutkan bahwa jin adalah makhluk yang muncul dari api.

Bahkan menurut penuturan beberapa ahli ilmu hikmah, beberapa jin adalah orang yang beriman, sementara yang lain adalah penyembah berhala yang mirip manusia.
Setan juga termasuk dalam kata jin. Kalau jin durhaka dan durhaka disebut setan. Jin sangat takut pada manusia. Tapi karena orang-orang takut pada jin dan setan, mereka tidak lagi takut pada kita.

Semakin manusia takut pada jin, semakin pula mereka takut pada kita. Terlebih lagi, jin adalah makhluk ilahi sama seperti manusia. Mereka hidup sesuai dengan kodratnya masing-masing. Dimana jin senang tinggal dan berdiam diri.

Sumber : Freepik.com

4 Tempat Tinggal Jin Berdasarkan Hadits Menurut Ahli Ilmu Hikmah

Menurut penuturan beberapa ahli ilmu hikmah, jin ada di sekitar kita. Bahkan di tempat-tempat yang sering kita jumpai setiap hari. dimana saja? Simak pembahasannya di bawah ini.

Rumah

Jin Muslim biasanya tinggal di rumah orang beriman. Ibnu Hajar mengutip riwayat Ibnu Abi al-Dunya dalam Fat al-Bahri.
“Tidak ada rumah Muslim yang tanpa jin Muslim di atap rumah. Ketika mereka menyajikan sarapan, jin juga makan bersama mereka, dan ketika mereka menyajikan makan malam, jin juga makan bersama mereka. Tuhan melindungi mereka.” Umat Muslim adalah terhindar dari azan jin. ”

Lubang

Menurut penuturan beberapa ahli ilmu hikmah, tempat tinggal jin berikutnya adalah di dalam lubang. Hal ini sesuai dengan riwayat berikut ini. Orang-orang bertanya kepada Qatada, “Tidak ada seorang pun yang buang air kecil di lubang. Mengapa tidak boleh buang air kecil di lubang?” Qatada menjawab, “Rasulullah pernah mengatakan, sebab lubang adalah tempat tinggal golongan jin,” (HR Abu Dawud, Nasa’i, dan Ahmad dari Abdullah ibn Sarjas).

Pasar

Pasar-pasar juga menjadi salah satu tempat tinggal jin. Dalam hadits yang diriwayatkan Muslim, Nabi SAW bersabda,
“Kalau bisa, kalian jangan menjadi orang yang pertama kali masuk ke pasar atau menjadi orang yang paling akhir keluar darinya. Sebab, pasar merupakan tempat berseteru para setan. Di pasar, setan menancapkan benderanya,” (HR Muslim).

Tempat-tempat Kotor

Menurut penuturan beberapa ahli ilmu hikmah, jin senang tinggal di tempat-tempat kotor seperti tempat sampah, toilet dan lain sebagainya. Jin yang tinggal di tempat ini merupakan jin kafir, karenanya Rasulullah mengajarkan doa masuk toilet.
“Toilet-toilet adalah hunian jin. Oleh karena itu, jika di antara kalian ada yang ingin masuk, bacalah doa: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari gangguan jin laki-laki dan jin perempuan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *