Hal Penting Agar Bisa Menjadi Ahli Ilmu Hikmah

Ahli Ilmu Hikmah
Sumber : Freepik.com

Ilmu hikmah tingkat tinggi adalah pengetahuan tentang Al-Qur’an dan Hadis yang baik, melampaui batas-batas Syariah dalam substansi dan kedengkian. Mengetahui ilmu hikmaj membuat seseorang menjadi cerdas, bijaksana bahkan menjadi ahli ilmu hikmah

Tuhan memberikan kebijaksanaan-Nya kepada siapa pun yang dia inginkan. Ini ada di ayat 269 Surat al-Bakala. Bagi seluruh umat Islam disarankan untuk mempelajari ilmu hikmah. Karena banyak hal dalam hidup yangembuat seseorang mengalami kebingungan bahkan menyesatkan karena orang kehilangan kebijaksanaannya

Peran Kyai Sebagai Ahli Ilmu Hikmah

Para kyai ahli hikmah menjadi mursyid dalam tarekat tidak cuma dikenal menjadi pemimpin ataupun guru tarekat saja. Tetapi dikenal juga sebagai guru ahli ilmu hikmah ataupun ahli ilmu ghaib. Daerah Banten sampai sekarang memiliki reputasi dan dikenal sebagai wilayah untuk mempelajari ilmu gaib.

Tidak sedikit masyarakat Banten yang menggunakan reputasi ini serta berprofesi menjadi pengusir setan, juru ramal, pengendali roh, tabib, pemulih patah tulang, hingga tukang pijat. Tidak jarang mereka juga menawarkan pelancar usaha buat memperoleh kekayaan, status kedudukan hingga perlindungan gaib dan ketentraman jiwa.

Kyai sebagai guru ahli ilmu hikmah yang tinggal di Banten antara lain Ki Armin atau K.H. Muhamad Hasan Amin yang berasa dari Cibuntu, Pandeglang. Ki Armin merupakan kemenakan Kiyai Asnawi Caringin, yang merupakan salah seorang guru tarekat Qodariyah wa Naqsabandiyah dan sangat terkenal di daerah Banten. 

Banyak kisah yang tersebar di masyarakat perihal kekuatan ajaib  milik kiyai ini, mulai dari kemampuan melihat hal yang belum pernah terjadi, membantu karier lebih cepat ataupun kekayaan yang hadir dengan tiba-tiba kepada beberapa orang setelah mendapat restu darinya.

Kyai lainnya di yang dikenal juga sebagai ahli ilmu hikmah yaitu Ki Dimyati, beliau memimpin pesantren di daerah Cisantri, Pandeglang. Ki Dimyati juga dikenal sebagai mursyid pada tarekat Syadziliyah, serta mengajarkan doa ajaib yang ampuh, bahkan pembacaan hizibnya yang manjur dan tepat.

Tentu saja ini membuat pengagumnya penuh bangga saat menceritakan kisahnya, karena hakim, jaksa penuntut, hingga polisi yang menangani kasus ini semuanya terkena penyakit yang cukup parah. Bahkan menurut masyarakat, sang kiyai tidak pernah meninggalkan penjara saat masa penahanannya, tapi beliau kerap terlihat di desanya di saat bersamaan.

Ahli Ilmu hikmah para kyai ininbiasanya berupa bacaan ataupun tulisan-berbahasa Arab, yang bersumber langsung dari Al-Qur’an. Biasanya berupa wirid, zikir, serta berpuasa, itu karena mereka merasa yakin jika semua ilmu yang miliknya berasal dari Allah.

Cara Mempelajari Ilmu Hikmah Islam?

Satu-satunya cara untuk mempelajari ilmu hikmah adalah dengan mentransmisikan pengetahuan. Mencari pengetahuan berarti memanfaatkan sepenuhnya panca indera manusia dan mempelajari kebijaksanaan para ahli ilmu hikmah.

Jujur tanpa paksaan, jika seseorang mengamalkan ilmu pencampuran duniawi dan agama untuk tujuan jahat/sombong pasti tidak akan berhasil. Namun mempelajari ilmu hikmah tidak semudah membalik telapak tangan. Karena banyak orang yang telah belajar dan mencoba menjadi ahli ilmu hikmah tapi menagalami telah kegagalan. 

  • Keyakinan
  • Kejujuran
  • Istiqomah
  • Sabar
  • Taqwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *