Cara Mempelajari Ilmu Hikmah Islam?

Sumber : Freepik.com

Setiap muslim wajib menuntut ilmu. Karena pengetahuan membuat segala sesuatu dalam kehidupan sehari-hari menjadi lebih mudah. Baik pengetahuan akademis maupun agama sama pentingnya. Bahkan para nabi mewajibkan manusia untuk menuntut ilmu. Rasulullah SAW bersabda:

“Menuntut ilmu adalah kewajiban setiap muslim.” (HR.Ibnu Majah)

Tetapi mengejar pengetahuan harus disertai dengan pengetahuan tentang kebijaksanaan. Dengan memahami ilmu hikmah, umat Islam menjadi orang yang rendah hati. Apa itu ahli ilmu hikmah? Dan bagaimana cara mempelajari ilmu hikmah?

Apa itu Ahli Ilmu Hikmah?

Ilmu hikmah tingkat tinggi adalah pengetahuan tentang Al-Qur’an dan Hadis yang baik, melampaui batas-batas Syariah dalam substansi dan kedengkian. Mengetahui ilmu hikmaj membuat seseorang menjadi cerdas, bijaksana bahkan menjadi ahli ilmu hikmah

Tuhan memberikan kebijaksanaan-Nya kepada siapa pun yang dia inginkan. Ini ada di ayat 269 Surat al-Bakala. Bagi seluruh umat Islam disarankan untuk mempelajari ilmu hikmah. Karena banyak hal dalam hidup yangembuat seseorang mengalami kebingungan bahkan menyesatkan karena orang kehilangan kebijaksanaannya.

Cara Mempelajari Ilmu Hikmah Islam?

Satu-satunya cara untuk mempelajari ilmu hikmah adalah dengan mentransmisikan pengetahuan. Mencari pengetahuan berarti memanfaatkan sepenuhnya panca indera manusia dan mempelajari kebijaksanaan para ahli ilmu hikmah.

Jujur tanpa paksaan, jika seseorang mengamalkan ilmu pencampuran duniawi dan agama untuk tujuan jahat/sombong pasti tidak akan berhasil. Namun mempelajari ilmu hikmah tidak semudah membalik telapak tangan. Karena banyak orang yang telah belajar dan mencoba menjadi ahli ilmu hikmah tapi menagalami telah kegagalan. 

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan agar seseorang bisa berhasil mempelajari ilmu hikmah 

  1. Keyakinan: Jika seseorang percaya pada pengetahuan-Nya sebagai mediator dan percaya pada kekuatan Tuhan, pengetahuan yang dipelajari menjadi efektif dan keajaiban akan terjadi. Sebaliknya, jika tidak yakin/skeptis, meskipun pengetahuan miliknya valid, pengetahuan itu akan memudar/hilang dengan sendirinya.
  2. Kejujuran : dalam praktek ilmu hikmah harus jujur ​​tanpa dipaksakan. Menggunakan ilmu duniawi dan agama untuk tujuan jahat/sombong tidak akan berhasil.
  3. Sabar : Ketika seseorang tidak masuk ke dalam ilmu hikmah yang diamalkan, hal yang harus dilakukan yaitu bersabar. Terkadang para ahli ilmu hikmah ingin menguji tingkat kesabarannya.
  4. Istiqomah: Agar bisa menjadi ahli ilmu hikmah, pastika sudah mengamalkan sholat 5 waktu, pertahankan kelakukan yang baik. Ada sebuah pepatah yang berbunyi “Al Istiqomah Khoirum min alfi Karomah berarti Istiqomah akan lebih baik dibandingkan 1000 kemuliaan. 
  5. Takwa : Ciri orang ahli hikmah berarti mentaati semua perintahNYA serta menjauhi semua laranganNYA, Seandainya seseorang sudJ mengamalkan ilmu hikmah namun sholat 5 waktu ditinggalkan itu akan menjadi sia-sia. Ahli ilmu hikmah harus menyerahkan sepenuhnya kepada Tuhan dan memahami bahwa Tuhan adalah sumber dari semua kebaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *