Apa itu Ahli Ilmu Hikmah?

Ahli Ilmu Hikmah
Sumber : Freepik.com

Jelaskan perbedaan antara dukun atau spiritualis sebagai ahli hikmah sejati dan kiai. Tak jarangkita mendengar ustad, kyai, bahkan dukun yang menyebut dirinya ahli hikmah. Anehnya tidak jarang orang yang mengaku seperti itu lebih terkenal dan dipercaya oleh masyarakat dibandingkan ulama yang benar-benar saleh bahkan memiliki kemampuan yang tidak biasa.

Miisalnya, menyembuhkan dengan melakukan hal-hal yang tidak terlihat. Kemampuannya untuk mengusir Jin dan iblis, serta kemampuan untuk merawat pasien terlepas dari apakah mereka sakit secara medis atau terkena ilmu hitam.

Lantas bagaimana cara mengetahui apakah seseorang itu benar-benar ahli ilmu hikmah atau paranormal yang mengaku ahli ilmu hikmah? Selain itu berikut penjelasan mengenai ahli ilmu hikmah agar orang tidak dan mengaitkannya dengan dunia perdukunan padahal hal tersebut tidak sesuai.

Apa itu Ilmu Hikmah?

Ilmu hikmah adalah ilmu pengetahuan itu sendiri. Seringkali orang menyebutnya ilmu hikmah, tetapi pada kenyataannya adalah perdukunan tentu saja ha ini salah. Arti sebenarnya dari ilmu hikmah adalah kebaikan kata-kata atau hukum.

Ilmu hikmah adalah ilmu yang berhubungan dengan orang yang taqwa, misalnya apa yang didoakan sering dikabulkan oleh yang di atas serta tidak mengajarkan hal yang aneh-aneh. Salah satu contohnya adalah Nabi Muhammad SAW yang mengobati orang sakit parah dengan berdoa dan membacakan surah Al-fatihah atau Ruqyah.

Ada juga kisah seorang sahabat Nabi yang berdoa dan membacakan surat kepada pemimpin kaum yang sedang sakit. Melantunkan surat al-Fatihah, dan bertanya kepada Nabi apakah hal yang dilakukannya sudah benar.

Itulah ciri-ciri ahli ilmu hikmah yang sebenarnya sesuai dengan ajaran Nabi SAW. Dengan meminta pertolongan langsung kepada Allah SWT ketika sedang sakit. Bukannya melakukan hal menyimpang yang justru menggoyahkan iman.

Bagaimana Caranya Membedakan Ahli Ilmu Hikmah dengan Dukun?

Menurut beberapa ahli ulama, lain halnya jika ada dukun dan paranormal yang mengaku sebagai ahli ilmu hikmah palsu, mereka justru akan selalu mengaitkan segala sesuatu yang misterius dan magis dengan cara yang praktis.

Bahkan saat melakukan ruqyah, dukun akan mencemarinya dengan macem-macem, di dalam dirinya sudah ada 5000 jin bahkan ada ularnya. Hal ini tentu sangat terlihat jelas bahwa tidak sesuai dengan syariat islam.

Tidak hanya itu, beberapa ulama mengatakan jika ingin mengetahui ciri-ciri ahli ilmu hikmah yang sebenarnya, ia akan menyelidiki segala sesuatunya dengan integritasnya dan menerapkan syariat agama.

Ketahuilah bahwa yang paling penting adalah orang-orang mematuhi Syariah. Mungkin mereka tidak harus begitu saleh, tetapi mereka yang takut akan Tuhan, takut dengan hal-hal yang terlarang, takut maksiat, dan lainnya. Itu merupakan salah satu ciri khas ahli ilmu hikmah yang sebenarnya, bukan dukun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *