5 Hantu Terseram Sulawesi Menurut Jasa Paranormal Ilmu Hikmah

Jasa Paranormal Ilmu Hikmah
Sumber : Freepik.com

Menurut penuturan beberapa Jasa Paranormal Ilmu Hikmah jika seiring berjalannya waktu, cerita hantu dan karakter seram telah mengakar dan masih beredar. Ada banyak cerita yang dimunculkan untuk menakut-nakuti sebagian orang, namun sebagian orang mengungkitnya karena sudah pernah melihat sosok ini termasuk daerah Bone, Sulawesi Selatan.

Orang-orang percaya bahwa di tanah Bugis sendiri penuh dengan hantu yang dianggap sangat menyeramkan. Bone terbaru berhasil mengumpulkan lima hantu paling seram dan cukup terkenal di daerah Bone.

1. Kandoleng

Menurut penuturan beberapa Jasa Paranormal Ilmu Hikmah, Kandoleng adalah sejenis hantu wanita berbaju putih dengan lubang di punggungnya. Dalam banyak kesaksian, orang-orang yang secara pribadi telah melihat hantu lilin mengatakan bahwa mereka tidak memiliki lubang di punggung mereka dan baunya menyengat lubang hidung mereka.

Menurut penuturan beberapa Jasa Paranormal Ilmu Hikmah dari segi bentuk, hantu ini menyerupai kuntilanak Jawa. Kandren kerap menjelma menjadi hantu yang menakutkan di kalangan masyarakat Sulawesi Selatan, termasuk Bourne.
Di tulang belulangnya sendiri, hantu Candling dipercaya berasal dari arwah wanita hamil yang meninggal saat melahirkan.

Namun cerita hantu candling banyak terdengar di Sulawesi Tenggara. Namun, Kandoling di Sulawesi Tenggara digambarkan sebagai hantu wanita cantik yang ingin merayu laki-laki. Mengenai asal-usulnya, masyarakat di sana percaya bahwa Kandoleng adalah korban genosida kolonial.

Suara hantu ini sangatlah khas sehingga membuat takut semua orang. Ketika desas-desus menyebar tentang kebangkitan Kandoleng di tanah Bugisborn, orang tua mereka melarang anak-anak mereka keluar pada malam hari. Orang tua menganggap Kandoleng sangat menyayangi anak kecil.

2. Poppo

Menurut penuturan beberapa Jasa Paranormal Ilmu Hikmah, hantu Poppo konon adalah hantu terbang sejenis manusia. Menurut penelitian saya, hantu ini hanya terbang di malam hari. Biasa ditemukan di dataran tinggi dan daerah pegunungan.
Hantu Poppo mengeluarkan suara unik saat terbang. Kedengarannya seperti mengepakkan sayap tanpa sayap.

Beberapa orang mengatakan bahwa Poppo mengeluarkan suara “pop, pop, pop” saat terbang. Namun beberapa sumber menyebutkan bahwa hantu ini juga bisa menirukan suara seperti anak kecil.

Hantu Poppo disebut memiliki suara yang khas. Jika suaranya lemah berarti dia dekat, jika keras berarti dia jauh. Menurut warga, manusia yang menjelma menjadi hantu Poppo di malam hari bermata merah, suka meludah, dan pintar di siang hari.

Pada malam hari, hantu Poppo terbang mencari hasil bumi seperti buah, ikan, dan bayi merah. Saat hantu Poppo terbang, konon ia menyimpan ususnya di dalam tempurung kelapa dan meletakkannya di balik pintu. Selain memakan buah, hantu Poppo juga memakan manusia, terutama bayi yang baru lahir dan manusia yang sekarat.

3. Asu Panting

Menurut penuturan beberapa Jasa Paranormal Ilmu Hikmah, Asu Panting adalah serigala versi Bugis. Hantu ini dapat berlari dengan sangat cepat dan kaki depannya lebih pendek dari kaki belakangnya. Ketika orang Bugis tua melihat kanguru, mereka langsung berkata bahwa mereka kehabisan napas.

Tidak ada yang pernah bertatap muka dengan perguruan tinggi yang mengerang ini. Hanya lolongan khasnya yang terdengar di malam hari. Bulu Asu Panting sangat lembut sehingga hampir tidak terlihat oleh mata telanjang.

Banyak orang telah beredar tentang bahaya bulu-bulu yang menakjubkan ini. Menurut mereka, menginjak bulu akan membuat kaki membengkak dan sulit sembuh.

4. Dongga

Menurut penuturan beberapa Jasa Paranormal, Ilmu Hikmah hantu Dongga digambarkan sebagai hantu dengan tubuh hitam yang sangat panjang, terkadang mencapai ketinggian pohon palem. Jenis hantu ini sering menyembunyikan anak kecil saat matahari terbenam. Hantu Longa terkenal tidak hanya di Bugis Bourne, tapi juga di Sulawesi Tenggara.

Namun, anak yang disembunyikan Dongga bisa saja ada di sekitar rumah, namun tidak terlihat oleh orang yang mencarinya. Anak-anak yang diculiknya diberi makan kaki seribu, cacing tanah, dan hewan menjijikkan lainnya.

5. Dompe

Hantu Dompe adalah orang kecil dengan telinga yang sangat lebar. Telinga itulah yang dia gunakan untuk terbang. Hantu ini terkenal di Bugis Bourne, Sulawesi Selatan.

Menurut cerita, hantu kubah ini juga sering terlihat di daerah pegunungan. Sering dijumpai di kebun-kebun warga yang jauh dari pemukiman. Hantu kubah ini biasanya menakut-nakuti pemilik rumah kebun agar bisa membawa hasil buminya saat keluar rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.