4 Hantu Mitologi Terseram Indonesia Menurut Paranormal Jakarta

Sumber : Freepik.com

Menurut penuturan beberapa paranormal Jakarta, sebagai negara dengan beragam budaya dan tradisi Indonesia memiliki banyak cerita tentang hantu mitologi. Bahkan kisah hantu ini diceritakan dari satu generasi ke generasi lainnya. Beberapa dari hantu mitologi Indonesia berhubungan langsung dengan budaya dan agama. 

Hantu Mitologi Terseram Indonesia

Hampir semua kota dan daerah di Indonesia memiliki mitosnya masing-masing mengenai makhluk halus. Bahkan banyak hantu mitologi yang masih belum diketahui, berikut beberapa hantu mitologi terseram di Indonesia :

  • Kuntilanak

Kuntilanak adalah roh pendendam berupa wanita cantik dan senang mencari mangsa pria, anak-anak dan orang yang jiwanya lemah. Hantu ini merupakan salah satu hantu mitologi yang cukup menakutkan dalam cerita rakyat Indonesia dan Malaysia. 

Banyak yang meyakini jika kuntilanak merupakan jiwa seorang wanita yang meninggal saat melahirkan atau mengalami kematian yang kejam. Hantu ini bisa mengeluarkan organ dari perut korban dengan cakar panjang mereka dan memakan organ dalam.

  • Pocong

Kain kafan adalah kain putih yang digunakan dalam pemakaman Muslim untuk membungkus orang yang sudah meninggal. Kain biasanya diikat dalam tiga mode: di atas kepala, di bawah kaki dan di sekitar leher.

Menurut tradisi dan beberapa penuturan paranormal Jakarta, jiwa orang yang meninggal masih tetap berada di bumi selama 40 hari setelah kematiannya. Jika ikatan itu tidak dilepaskan, orang yang meninggal akan berubah berwujud menjadi hantu yang dikenal sebagai hantu pocong.

  • Sundel Bolong

Menurut penuturan beberapa paranormal Jakarta, Sundel Bolong mirip seperti Kuntilanak yaitu hantu berpenampilan seorang wanita dengan kulit pucat dan rambut panjang, mengenakan pakaian putih panjang. 

Hal yang membedakannya adalah hantu ini memiliki lubang besar di punggungnya sehingga mereka yang melihat bagian luarnya juga dapat melihat anggotanya di dalamnya. Banyak masyarakat yang meyakini jika lubang besar ini diakibatkan prosesi kelahiran seorang anak di bawah kubur. Sundel bolong seringkali berusaha mencuri bayi baru lahir atau ibu hamil

  • Tuyul

Tuyul adalah anak hantu berwujud anak-anak dengan kepala botak. Hantu-hantu ini dapat disewa atau dipertahankan oleh majikan untuk alasan tertentu seperti untuk mencuri uang. Menurut beberapa paranormal Jakarta, hantu ini berasal dari mereka yang menggugurkan janin dalam kandungan atau anak-anak yang meninggal saat lahir.

Banyak orang tua yang menceritakan kisah hantu mitologi ini secara turun temurun dengan tujuan agar anak-anaknya selalu waspada. Bahkan menurut penuturan beberapa paranormal Jakarta yang sengaja memberikan benda tajam atau peniti di sekitar ibu hamil dan bayi yang baru lahir, karena diyakini memiliki aroma yang wangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *