Amalan Sederhana Pelaris Usaha

Amalan-Amalan Sederhana Pelaris Usaha

Dalam artikel kali ini akan membahas mengenai amalan-amalan sederhana sebagai pelaris usaha yang apabila dilakukan dengan khusuk dan rutin, insya allah bisa melancarkan usaha kita dalam hal berniaga.

Kalau pada artikel sebelumnya, pelaris usaha dengan mengamalkan dzikir Asmaul Husna, yang mungkin bagi sebagian orang sangat berat untuk melaksanakan, amalan berikut bisa dijadikan alternatif.

Apa saja amalan-amalan tersebut, simak penjelasan berikut. Sebagai catatan anda tidak membutuhkan syarat apapun yang memberatkan atau menggunakan media berupa barang-barang tertentu. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, cukup dilakukan dengan khusuk dan rutin.

  1. Amalan Dengan Membaca Istighfar

    Sebagai seorang muslim, istighfar adalah hal biasa yang dilakukan pada saat selesai melaksanakan ibadah sholat. Biasanya dibaca ketika sedang berdoa atau berdzikir.

    Tapi apakah anda tahu kalau dengan membaca istighfar dengan khusuk dan ikhlas, dapat memudahkan usaha atau bisnis kita dalam artian sebagai pelaris usaha.

    Dalam QS. Nuh: 10-12 :

    “Maka aku katakan kepada mereka: Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia lah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai”

    Dari surat di atas bisa dipahami bahwa apabila kita benar-benar melakukan sujud syukur dan meminta ampunan, niscaya Allah SWT akan melapangkan rejeki kita.
  2. Amalan Dengan Bertaqwa

    Dengan bertaqwa artinya kita harus benar-benar menjalankan hidup ini sesuai dengan aturan agama yang di dasarkan pada Quran dan Hadist.

    Kaitannya dengan pelaris usaha dengan cara bertaqwa adalah bersikap jujur dalam menjalankan bisnis anda, melaksanakan sholat Dhuha, tidak melakukan praktek riba dan lain sebagainya yang berhubungan dengan berdagang.
  3. Menjalin Silaturahmi

    Mempererat hubungan dengan orang lain atau membangun koneksi bisnis dengan kolega sangat penting untuk perkembangan bisnis. Jadi, anda harus mulai menciptakan iklim yang bagus dengan relasi anda, saudara, atau teman-teman anda.

    Seperti kata orang tua, banyak teman banyak rejeki. Semakin luas koneksi yang kita bangun dan bagus, akan berdampak positif pada bisnis kita.
  4. Infaq dan Sedekah

    Dalam harta kita ada sebagian hak orang lain. Sisihkan sedikit hasil usaha kita untuk membantu orang lain, karena kita tidak akan pernah tahu doa dari siapa untuk kita yang dikabulkan oleh Allah, SWT.

    Dengan banyak bersedekah, maka akan banyak yang mendoakan kita, mendoakan kelancaran rejeki kita.

    Demikian sedikit penjelasan mengenai hal-hal apa saja yang perlu kita lakukan dalam menjalankan bisnis dilihat dari sisi spiritual dan keagamaan. Sangat sederhana, mudah dilakukan dan dekat dengan aktivitas kita sehari-hari.

    Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *