Mengenali Rajah, Jimat Huruf dan Bentuknya Menurut Ahli Ilmu Hikmah

Rajah adalah benda mati yang dibuat oleh orang ahli ilmu hikmah, dan rajah tersebut dijiwai dengan kekuatan gaib.  Dalam Islam, Rajah merupakan perbuatan musyrik dan dilarang oleh agama.

Sederhananya, Rajah adalah sekumpulan huruf atau tulisan yang membentuk suatu gambar tertentu yang dapat dianggap sebagai jimat.  Rajah ini biasanya ditulis di atas kertas atau benda lainnya.

Dalam Islam Rajah biasanya digambar oleh para ahli ilmu hikmah dalam bentuk huruf arab, angka, gambar, huruf, atau simbol tertentu yang hanya diketahui oleh pembuatnya.

Sumber : freepik.com

 Apa Itu Rajah Menurut Ahli Ilmu Hikmah

Menurut ahli ilmu hikmah, rajah merujuk pada huruf, gambar, tangga, dan sebagainya.  Ini digunakan sebagai jimat untuk mencegah penyakit.  Dalam kepercayaan Jawa, Rajah adalah jimat yang diberkahi ilmu gaib dan digunakan untuk mengobati orang sakit.  Rajah ini biasanya memiliki kekuatan gaib dan kepercayaan terhadapnya dianggap politeisme.

Secara umum Rajah merupakan kumpulan (penggalan) huruf atau teks yang membentuk suatu gambar tertentu yang dipercaya mempunyai arti kesembuhan, gaib, keselamatan, rahmat, dan lain-lain.  Huruf bermacam-macam bentuk dan jenisnya, ada yang berbentuk kalimat dan ada pula yang hanya berupa huruf.  

Bahkan beberapa orang melakukannya dengan mencampurkan rajah dengan air dan meminumnya atau untuk mandi.  Beberapa diminta untuk menyimpannya di dompet, di kalung, atau di bawah bantal atau tempat tidur.

Secara umum, Rajah cenderung digunakan untuk mengobati orang yang mengalami serangan magis seperti ilmu hitam, santet, dan teluh.  Di sisi lain, ada juga Rajah yang digunakan sebagai penawar dan pelindung dari gangguan jin, serta untuk menghalau makhluk halus.  Rajah jenis ini biasanya dalam bentuk jimat yang wajib dibawa penggunanya, kecuali di tempat terlarang tertentu.

Pengguna Rajah juga memiliki kebiasaan melantunkan doa dan mantra tertentu tergantung pada jenis penyakit yang dideritanya, menggunakan kekuatan magis dan ilmu gaib yang diperoleh dari ahli ilmu hikmah.  Salah satu sumber doa paling benar yang paling umum digunakan adalah ayat-ayat Alquran.

Bentuk-bentuk Rajah

Rajah sebagai jimat yang berbentuk huruf atau kalimat memiliki beragam bentuk seperti berikut:

Pada umumnya bentuk Rajah adalah tulisan dengan media, baik itu media kertas, kulit, atau benda mati lainnya.  Namun biasanya seseorang membuat Rajah dalam bentuk yang biasa, yakni dalam bentuk yang tidak jauh berbeda dengan tulisan di selembar kertas putih.  Semua karakter Rajah ini memiliki makna mengenai Tuhan Yang Maha Esa.

Bentuk dan teks Rajah biasanya bermacam-macam, mulai dari lingkaran, kotak, segitiga, dan bentuk lainnya.  Ini sering digunakan sebagai jimat dan banyak orang percaya pada kegunaan Rajah.

Bentuk Rajah adalah sesuatu benda dengan kekuatan gaib yang dikalungkan di leher atau digantung di sudut rumah, di tas dan lain-lain. Dalam Islam, rajah biasanya ditempelkan di leher anak-anak sebagai obat penyakit ain (penyakit yang diakibat rasa iri orang lain terhadapnya), dan orang dewasa, termasuk wanita, terkadang juga ditato.

Rajah Menurut Pandangan Islam

Dalam Islam, Rajah berbentuk tulisan indah yang digunakan sebagai sarana pengobatan.  Ahli Ilmu Hikmah yang bisa membuat Rajah biasanya mendapatkan anugerah dari Tuhan, yang diberikan kekuatan serta hikmah saat membuatnya.

Tapi perlu diketahui jika Rajah juga bisa menguntungkan atau merugikan penggunanya.  Walaupun begitu Rajah dilarang dalam Islam, Karena dengan menggunakan atau mempercayai Rajah dalam kehidupan sehari-hari, akan dianggap sebagai musyrik.

Keyakinan seperti itu, besar atau kecil, tetap merupakan keyakinan yang tidak dapat diterima dalam Islam.  Larangan ini jelas tercantum dalam hadis Rasulullah, karena Tuhan sudah memberkati dan memberikan kedamaian bagi umatnya, sehingga tidak perlu lagi Rajah. 

Saat ada serangan gaib, sebagai umat beragama kita hanya perlu berdoa meminta perlindungan dan mendekatkan diri kepadaNya. Melakukan banyak amal baik dan dzikir, untuk menghindari dari segala bentuk ilmu gaib yang hendak menyerang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *